Senin, 26 Oktober 2015

Jadwal dan Jenis Vaksinasi Anjing


Vaksinasi DP 
:
Distemper dan Parvovirus  6-8 minggu
Vaksinasi PiBr 
:
Parainfluenza dan Bordetella 10-12 minggu
Vaksinasi DHLPI 
:
Distemper, Hepatitis, Leptospirosis dan Parvovirus 14-16 minggu
Vaksinasi DHLPII+R 
:
Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus dan Rabies 20 minggu


Pentingnya Vaksinasi
Vaksinasi inti merupakan alat utama anjing dalam melawan dan  meningkatan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit seperti :
- Distemper
- Hepatitis
- Leptospirosis (Lepto)
- Rabies
- Parvovirus (Parvo)

Dengan vaksinasi program yang telah dilakukan,  ini merupakan jaminan kepastian kepada pemilik bahwa penyakit anjing tersebut tidak akan menular ke pemilik .
Perlu ditambahkan bahwa dengan program vaksinasi yang baik  anjing anda akan jarang mengunjungi dokter hewan karena hewan  senantiasa dalam keadaan kesehatan prima.

Program Vaksinasi
Program vaksinasi ini harus dilaksanakan lengkap sesuai dengan jadwal , hal ini untuk meningkatkan antibodi atau kekebalan anjing untuk waktu yang lebih lama. 
 


- Distemper
Gejala :  Flu berat yang disertai demam.dilanjutkan  muntah-muntah, demam tinggi &  diare, penebalan atau pengelupasan hidung serta telapak kaki dan  perilaku yang agresif. Penyakit ini menyerang semua jaringan di dalam tubuh anjing
- Hepatitis
Gejalanya :  perilaku depresif, demam tinggi, nafsu makan kurang, muntah dan diare yang disertai darah. Penyakit ini mempengaruhi ginjal dan hati.

- Leptospirosis (Lepto)
Gejala :  perilaku depresif , muntah-muntah, kehausan, diare yang disertai darah. Penyakit ini menyerang hati dan ginjal anjing.

- Rabies
Gejala :  seperti flu dan kelumpuhan ringan , kecemasan, insomnia, kebingungan,  perilaku abnormal, paranoia, teror, halusinasi, delirium berkembang. Penyakit ini menyerang jaringan-jaringan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan

- Parvovirus (Parvo)
Gejala :  anak anjing tampak lesu disertai  diare dan muntah-muntah hingga terkadang mengeluarkan darah, demam tinggi . Kotoran berbau busuk dan berwarna kekuningan. virus ini menyerang sistem pencernaan. Parvo juga dapat menyerang bagian jantung anjing menyebabkan gagal jantung congestive
Setelah vaksinasi diberikan maka titer antibodi baru akan tercapai maksimal setelah 14 hari. Oleh karenanya anjing yang baru menerima vaksinasi harus benar-benar diperhatikan pemeliharannya.

- Rabies
Gejala :  seperti flu dan kelumpuhan ringan , kecemasan, insomnia, kebingungan,  perilaku abnormal, paranoia, teror, halusinasi, delirium berkembang. Penyakit ini menyerang jaringan-jaringan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan   14-20 hari setelah  vaksinasi  :

1. Adaptasikan Anjing  dirumah  selama 5 – 10 hari sebelum di vaksin
2. Rumahkan selama 10-15 hari  Setelah vaksinasi ,. Jangan ! Perjalanan  jauh  dan pindah tempat dan lingkungan baru
3. Jangan dimandikan sebelum dan sesudah vaksinasi.
4. Hindari dari cuaca dingin ataupun
hujan.
5. Pastikan bahwa anjing dalam kondisi kesehatan prima sebelum divaksinasi